DATA ANALYTIC SKILLS
- AHMAD FAQIH, M.SC |
Course Information
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
NAMA PERGURUAN TINGGI |
: |
STMIK IKMI CIREBON |
|||||||||
NAMA JURUSAN |
: |
|
||||||||||
NAMA PROGRAM STUDI |
: |
Komputerisasi Akuntansi |
||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||||
MATA KULIAH |
Kode MK |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
Semester |
Tgl. Penyusunan |
|||||||
Data Analytic Skills |
MKK-0701 |
Mata Kuliah Umum |
3 |
3 |
22 Juli 2024 |
|||||||
OTORISASI |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka. Prodi |
|||||||||
(tanda tangan) |
(tanda tangan) |
(tanda tangan) |
||||||||||
Ahmad Faqih, M.Sc |
Ahmad Faqih, M.Sc. |
.........(nama)........... |
||||||||||
Capaian Pembelajaran |
CPL-Prodi |
|
||||||||||
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
|||||||||||
P3 |
Mampu memformulasikan permasalahan di industri berdasarkan konsep yang terkait dengan bidang instrumentasi, akustik dan fisika bangunan, energy dan pengkondisian lingkungan, bahan, dan fotonik. |
|||||||||||
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
|||||||||||
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|||||||||||
KU9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menerapkan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|||||||||||
KK4 |
Mampu merancang dan menjalankan penelitian dengan metodologi yang benar khususnya terkait dengan pengembangan bidang Teknik Fisika. |
|||||||||||
|
|
|||||||||||
CP-MK |
|
|||||||||||
M1 |
Mahasiswa mengenal konsep data analytic |
|||||||||||
M2 |
Mahasiswa mengerti tentang analisa data |
|||||||||||
M3 |
Mahasiswa mengerti tipe-tipe data |
|||||||||||
M4 |
Mahasiswa mampu menganalisis data menggunakan Bahasa Pemrograman R |
|||||||||||
M5 |
Mahasiswa mampu menggunakan Bahasa pemrograman R Untuk mengolah data matriks, list, data frame, factor, tabel |
|||||||||||
M6 |
Mahasiswa menyelesaikan masalah data analytic menggunakan R |
|||||||||||
M7 |
Mahasiswa menganalisa data menggunakan R |
|||||||||||
M8 |
Mahasiswa mengenal konsep data analytic |
|||||||||||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini mempelajari tentang pengenalan R, pemahaman dan penggunaan konsep data science yang mencakup definisi data analytic menggunakan R, penyajian data, tipe data matriks, list, data frame, factor, tabel, kondisi pemilihan dan perulangan serta untuk dijadikan dasar dalam melakukan analisis data yang berkaitan dengan logika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan R. Sebagian besar mata kuliah ini berupa latihan-latihan secara intensif guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mencari suatu solusi dalam permasalahan data analytic yang dihadapi menggunakan R. Mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk perilaku mahasiswa berpola pikir logika dalam melakukan analisis data agar informasinya menjadi berkualitas. |
|||||||||||
Materi Pembelajaran/ Pokok bahasan |
1 |
Perkenalan R |
||||||||||
2 |
Dasar-dasar R |
|||||||||||
3 |
Pengantar Data Analytic |
|||||||||||
4 |
Dataset |
|||||||||||
5 |
Metodelogi Data Analytic |
|||||||||||
6 |
Analisis Estimasi |
|||||||||||
7 |
Analisis Clustering |
|||||||||||
8 |
Analisis Forecasting |
|||||||||||
Pustaka |
Utama: |
|
||||||||||
1 |
Beginning Data Science in R_ Data Analysis, Visualization, and Modelling for the Data Scientist |
|||||||||||
2 |
Practical Guide to Cluster Analysis in R. Unsupervised Machine Learning |
|||||||||||
Pendukung: |
|
|||||||||||
1 |
Belajar Bahasa Pemrograman R |
|||||||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: |
Perangkat Keras: |
||||||||||
PPT |
LCD dan Proyektor |
|||||||||||
RStudio |
|
|||||||||||
Tim Teaching |
- |
|||||||||||
Mg ke- |
Sub-CP-MK |
Indikator |
Kinerja & Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran [Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran [Pustaka] |
Bobot Penilaian (%) |
(sgb kemampuan akhir yg diharapkan) |
||||||
1 |
1.1 Memperkenalkan ruang lingkup mata kuliah data analytic 1.2 Memperkenalkan istilah-istilah dalam data analytic 1.3 Mendownload dan menginstall R 1.4 Memperkenalkan lingkungan R tentang R Notebook |
|
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan pendahuluan data analytic Bentuk non-test :
Bentuk test :
|
|
|
5 |
2 |
Memahami peran utama data analytic |
|
Kriteria : Pemahaman peran utama data analytic Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Peran utama data analytic
|
5 |
3 |
Memahami dataset |
|
Kriteria : Pemahaman dataset Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Dataset
|
5 |
4 |
4.1 Memahami berbagai metodelogi data analytic 4.2 Mengetahui perbedaan berbagai metodelogi data analytic 4.3 Mengimplementasikan berbagai metodelogi data analytic |
|
Kriteria : Pemahaman, pengetahuan, dan pengaplikasian beberapa metodelogi data analytic Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Metodelogi Data Analytic
|
5 |
5 |
5.1 Dasar-dasar vektor dalam R 5.2 Fungsi dasar dalam R 5.3 Memahami operator dalam R
|
|
Kriteria : Pemahaman, pengetahuan, dan pengaplikasian vektor, fungsi dasar, operator, dan list dalam R Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Dasar – dasar dalam R
|
5 |
6 |
6.1 Mengenal data frame dalam R 6.2 Memahami factor dalam R 6.3 Memahami tentang matriks dalam R
|
|
Kriteria : Pemahaman, pengetahuan, dan pengaplikasian data frame, factor, dan matriks dalam R Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Dasar – dasar dalam R
|
5 |
7 |
7.1 Memahami konsep pengulangan For-do dan kondisi If dalam R 7.2 Membuat fungsi dalam R 7.3 Import dan export CSV dan Excel dalam R |
|
Kriteria : Pemahaman, pengetahuan, dan pengaplikasian for-do, if, fungsi, import dan export dalam R Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
|
5 |
UTS |
||||||
8 |
Mengaplikasikan analisis estimasi (regresi linear sederhana) |
|
Kriteria : pengaplikasian regresi linear sederhana untuk estimasi Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Estimasi
|
5 |
9 |
Mengaplikasikan analisis estimasi (regresi linear berganda) |
|
Kriteria : pengaplikasian regresi linear berganda untuk estimasi Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Estimasi
|
10 |
10 |
Mengaplikasikan analisis estimasi (regresi linear) bidang keuangan atau akuntansi |
|
Kriteria : pengaplikasian regresi linear untuk estimasi dataset bidang keuangan atau akuntansi Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Estimasi
|
10 |
Mengaplikasikan analisis ckustering (K-Mean) |
|
Kriteria : pengaplikasian K-Mean untuk cluster Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Clustering
|
10 |
|
12 |
Mengaplikasikan analisis ckustering (K-Mean) dalam bidang keuangan atau akuntansi |
|
Kriteria : pengaplikasian K-Mean untuk cluster dataset bidang keuangan atau akuntansi Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Clustering
|
10 |
13 |
Mengaplikasikan analisis forecasting (regresi linear sederhana dan regresi trend parabola) |
|
Kriteria : pengaplikasian regresi linear sederhana dan regresi trend parabola untuk forecasting Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Forecasting
|
10 |
14 |
Mengaplikasikan analisis forecasting (regresi linear sederhana dan regresi trend parabola) bidang keuangan atau akuntansi |
|
Kriteria : pengaplikasian regresi linear sederhana dan regresi trend parabola untuk forecasting dataset bidang keuangan atau akuntansi Bentuk non-test :
Bentuk test : Latihan problem solving |
|
Analisis Forecasting
|
10 |
UAS |
||||||
Catatan : |
||||||
(1) |
TM: Tatap Muka, BT: Belajar Terstruktur, BM: Belajar Mandiri; |
|||||
(2) |
[TM: 2x(2x50'')] dibaca: kuliah tatap muka 2 kali (minggu) x 2 sks x 50 menit = 200 menit (3,33 jam); |
|||||
(3) |
[BT + BM: (2+2)x(2x60'')] dibaca: belajar terstruktur 2 kali (minggu) dan belajar mandiri 2 kali (minggu) x 2 sks x 60 menit = 480 menit (8 jam); |
|||||
(4) |
Mahasiswa mampu merancang penelitian dalam bentuk proposal penelitian & mempresentasikannya [C6, A2, P2]: menunjukkan bahwa Sub-CPMK ini mengandung kemampuan dalam ranah taksonomi kognitif level 2 (kemampuan merancang), afeksi level 2 (kemampuan merespon dalam diskusi), dan psikomotorik level 2 (memanipulasi gerakan tubuh dalam keterampilan presentasi). |
|||||
(5) |
Penulisan daftar Pustaka disarankan menggunakan salah satu standar/ style penulisan pustaka internasional, dalam contoh ini menggunakan style APA; |
|||||
(6) |
RPS: Rencana Pembelajaran Semester, RMK: Rumpun mata Kuliah, PRODI: Program Studi. |
Coaches
AHMAD FAQIH, M.SC