PANCASILA
- DRA. NINING RAHANINGSIH, M.SI |
- DRS. AGUS SETIA DININGRAT, M.PD |
- NISA DIENWATI NURIS |
Mata kuliah ini membahas tentang Pancasila dalam kajian kesejarahan Pancasila, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Sistem Etika, Nilai-nilai Etis Ketuhanan dalam Pancasila, Pancasila sebagai Ideologi, dan Pancasila dan perkembangan ilmu sejarah dan problem (aksiologis) ilmu pengetahuan modern.
Course Information
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mahasiswa diharapkan memahami secara mendalam nilai-nilai dasar Pancasila, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa,
- Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia..
- Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan sehari-hari, baik dalam interaksi sosial maupun dalam pengambilan keputusan yang bersifat moral dan etika
- Mahasiswa diharapkan memahami latar belakang filosofis dari setiap nilai Pancasila dan mampu merangkai nilai-nilai tersebut ke dalam sebuah sistem filosofis yang kohesif.
- Mahasiswa diharapkan memahami sejarah pembentukan dan perkembangan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia, termasuk tokoh-tokoh yang berperan dalam pembentukan Pancasila.
rps
|
NAMA PERGURUAN TINGGI |
: |
STMIK IKMI CIREBON |
|||||||
NAMA PROGRAM STUDI |
: |
MANAJEMEN INFORMATIKA |
||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||
MATA KULIAH |
Kode MK |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
Semester |
Tgl. Penyusunan |
|||||
Pancasila |
|
Pancasila |
|
|
|
|||||
OTORISASI |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Ka. Prodi |
|||||||
|
|
|||||||||
Saeful Anwar, M.Pd. |
Saeful Anwar, M.Pd. |
Arif Rinaldi Dikananda, M.Kom |
||||||||
Capaian Pembelajaran |
CPL-Prodi |
|
||||||||
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|||||||||
S2 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|||||||||
S3 |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|||||||||
S4 |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
|||||||||
S5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|||||||||
|
S6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
P1 |
Menerapkan konsep-konsep logika matematika untuk mengorganisasikan data guna mendukung pemecahan masalah |
|
P2 |
Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah |
|
P3 |
Menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk dan format yang dimengerti oleh pihak yang berkepentingan |
|
P4 |
Memahami konsep-konsep algoritma dan pemrograman, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. |
|
P5 |
Menerapkan konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. |
|
P6 |
Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. |
|
P7 |
Menerapkan bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk pengolahan data dan informasi. |
|
P8 |
Menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data |
|
P9 |
Merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi |
|
P10 |
Membuat rancangan basis data pada suatu DBMS |
|
P11 |
Menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi |
|
P12 |
Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi |
|
P13 |
Menerapkan konsep dasar basis data, prinsip pemrograman, dan metode rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan sistem aplikasi |
|
P14 |
Merancang sistem informasi manajemen sesuai dengan prinsip-prinsip user centred design |
|
P15 |
Mengidentifikasi kebutuhan software dari suatu organisasi |
|
P16 |
Merancang topologi dari suatu jaringan komputer |
|
P17 |
Menggunakan dan menformulasikan kebutuhan keamanan sistem informasi manajemen dari suatu organisasi |
|
P18 |
Menerapkan kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem komputer |
|
P19 |
Mengimplementasikan sistem keamanan dan keselamatan pada pengoperasian komputer |
P20 |
Melakukan instalasi untuk koneksi internet |
|
P21 |
Melakukan instalasi jaringan komputer |
|
P22 |
Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya. |
|
P23 |
Menerapkan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi manajemen |
|
P24 |
Menggunakan sistem informasi manajemen untuk kepentingan kompetitif |
|
P25 |
Menggunakan sistem informasi manajemen yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi |
|
P26 |
Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer untuk membantu memecahkan masalah |
|
P27 |
Menerapkan beberapa bahasa pemrograman beserta karakteristiknya |
|
P28 |
Menerapkan sistem informasi manajemen terhadap organisasi, aktivitas bisnis, masyarakat maupun individu |
|
P29 |
Mampu bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. |
|
P30 |
Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika. |
|
P31 |
Menciptakan peluang usaha serta membangun jaringan usaha. |
|
P32 |
Memiliki sikap untuk belajar sepanjang hayat (life-long learning). |
|
KU1 |
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku; |
|
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur; |
|
KU3 |
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; |
|
KU4 |
Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; |
|
KU5 |
Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; |
|
KU6 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
|
KU7 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; dan |
|
KU8 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
KK1 |
Menerapkan Prinsip Perlindungan Informasi |
|
KK2 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi untuk Penggunaan Jaringan Internet |
||
KK3 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi pada Transaksi Elektronik |
||
KK4 |
Melaksanakan Kebijakan Keamanan Informasi |
||
KK5 |
Mengaplikasikan Ketentuan/Persyaratan Keamanan Informasi |
||
KK6 |
Mengelola Log |
||
KK7 |
Menerapkan Kontrol Akses Berdasarkan Konsep/Metodologi yang telah Ditetapkan |
||
KK8 |
Menggunakan struktur data |
||
KK9 |
Mengimplementasikan user interface |
||
KK10 |
Melakukan instalasi software tools pemrograman |
||
KK11 |
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
||
KK12 |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
||
KK13 |
Menggunakan library atau komponen pre-existing |
||
KK14 |
Membuat dokumen kode program |
||
KK15 |
Melakukan debugging |
||
KK16 |
Mengumpulkan Data |
||
KK17 |
Menelaah Data |
||
KK18 |
Memvalidasi Data |
||
KK19 |
Menentukan Objek Data |
||
KK20 |
Membersihkan Data |
||
KK21 |
Mengkonstruksi Data |
||
KK22 |
Menentukan Label Data |
||
KK23 |
Mengintegrasikan Data |
||
KK24 |
Membangun Skenario Model |
||
KK25 |
Membangun Model |
||
CP-MK |
|
||
|
CPMK-1 |
Mahasiswa diharapkan memahami secara mendalam nilai-nilai dasar Pancasila, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.. |
|
CPMK-2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan sehari-hari, baik dalam interaksi sosial maupun dalam pengambilan keputusan yang bersifat moral dan etika |
||
CPMK-3 |
Mahasiswa diharapkan memahami latar belakang filosofis dari setiap nilai Pancasila dan mampu merangkai nilai-nilai tersebut ke dalam sebuah sistem filosofis yang kohesif. |
||
CPMK-4 |
Mahasiswa diharapkan memahami sejarah pembentukan dan perkembangan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia, termasuk tokoh-tokoh yang berperan dalam pembentukan Pancasila. |
||
|
|
||
|
|
||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini membahas tentang Pancasila dalam kajian kesejarahan Pancasila, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai ideologi, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Sistem Etika, Nilai-nilai Etis Ketuhanan dalam Pancasila, Pancasila sebagai Ideologi, dan Pancasila dan perkembangan ilmu sejarah dan problem (aksiologis) ilmu pengetahuan modern. |
||
Materi Pembelajaran/ Pokok bahasan |
1 |
Pendahuluan Pancasila |
|
2 |
Nilai-nilai Pancasila |
||
3 |
Filosofi Pancasila |
||
4 |
Sejarah Pembentukan Pancasila |
||
5 |
Relevansi Pancasila dalam Konteks Modern |
||
6 |
Kebudayaan dan Pancasila |
||
Pustaka |
Utama: |
|
|
1 |
Bakry, Noor MS., 1990, Orientasi Filsafat Pancasila, Liberty, Yogyakarta. |
||
2 |
Bakry, Noor MS., 1994, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Liberty, Yogyakarta. |
||
3 |
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti, 2016, Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila, Jakarta: Kemristekdikti. |
||
Pendukung: |
|
||
1 |
Budiarjo, Miriam, 1991, Dasar Ilmu Politik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. |
||
|
2 |
1. Darmodiharjo, Darji, 1981, Santiaji Pancasila, Usaha Nasional, Surabaya. |
|
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: |
Perangkat Keras: |
|
SOFTWARE : Microsoft Office |
HARDWARE : Laptop, Notebook & LCD Projector |
||
|
|
||
Tim Teaching |
Saeful Anwar, M.Pd. |
||
|
|||
|
|||
Karakteristik Pembelajaran |
[1]interaktif, [2]holistik, [3]integratif, [4]saintifik, [5]kontekstual, [6]tematik, [7]efektif, [8]kolaboratif, [9]berpusat pada mahasiswa |
||
Teknik Penilaian |
1) edukatif, 2) otentik , 3) objektif, 4) akuntabel, 5) transparan |
||
|
|
||
Mg Ke- |
Sub-CP-MK |
Indikator |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran (Pustaka) |
Bobot Penilaia n (%) |
1, 2 |
Mahasiswa mampu memahami kesejarahan Pancasila |
problem yang mengitarinya
|
observasi test lisan |
|
|
10 |
|
|
pancasila dalam setiap periode kekuasaan
konstruktif, dan inklusif atas makna Pancasila untuk kemajuan bangsa indonesia menghadapi tantangan-tantangan zaman kini |
|
|
|
|
3, 4, 5 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi filsafat; mampu memahami dan menjelaskan definisi filsafat Pancasila; Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran filosofis tentang Pancasila. Serta mampu menerapkan filsafat pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
pemahaman sistem filsafat Pancasila |
test tertulis test lisan |
|
|
25 |
|
|
sebagai cara pandang dalam merespon isu-isu kebangsaan dan fenomena global |
|
|
|
|
6 |
Mahasiswa mampu memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai ideologi Indonesia |
ideologi dan pandangan hidup dengan menganalisis kasus tertentu, baik secara individu maupun kelompok
ideologi dan pandangan hidup dengan menganalisis kasus tertentu, baik secara individu maupun kelompok |
test tertulis test lisan |
|
|
10 |
7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pancasila |
|
partisipasi unjuk kerja |
|
|
10 |
|
sebagai ideologi, dan mampu membandingkan dengan ideologi besar dunia lainnya |
|
|
(TM: 2x(2x50”)) |
|
|
8 |
EVALUASI TENGAH SEMESTER |
|||||
9, 10, 11, 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pancasila sebagai Sistem Etika |
kegiatan yang berkaitan dengan tindakan etis, terutama dalam moral individu
komprehensif |
test tertulis test lisan |
|
|
5 |
|
|
mengenai kemanusiaan yang berdasar pada Pancasila, sejarah kemanusiaan yang bersifat diskriminatif hingga proses kesederajatan antar bangsa yang ingin dicapai
Pancasila serta demokrasi yang terbentuk dari kultural nilai bangsa Indonesia |
|
|
|
|
13, 14 |
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis materi etika demokrasi dan keadilan yang meliputi: (1). Demokrasi Permusyawaratan; (2). Pengertian Kerakyatan atau Civil Society. (3). Makna dan Hakikat Keadilan; (4). Macam-Macam Keadilan; Keadilan distributif; Keadilan komutatif |
Pancasila serta demokrasi yang terbentuk dari kultural nilai bangsa Indonesia
|
test tertulis test lisan |
|
|
30 |
|
(pertukaran); Keadilan Sosial |
demokrasi pancasila; Pengertian Kerakyatan atau Civil Society; Makna dan Hakikat Keadilan; Macam- Macam Keadilan; Keadilan distributif; Keadilan komutatif (pertukaran); Keadilan Sosial
dipisahkan dimensi keadilan |
|
|
Makna dan Hakikat Keadilan |
|
15 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan Ipteks dan era global |
Ketepatan menjelaskan tentang Ipteks dan era global
|
angket |
global” |
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
16 |
EVALUASI AKHIR SEMESTER |
Coaches
DRA. NINING RAHANINGSIH, M.SI
DRS. AGUS SETIA DININGRAT, M.PD
NISA DIENWATI NURIS