ALGORITMA & PEMROGRAMAN DASAR
- RINI ASTUTI , MT |
- Ir. BAMBANG SISWOYO, M.SI, M.KOM |
- MARTANTO , M.KOM |
- DIAN ADE KURNIA |
- KHAERUL ANAM, M.KOM |
Algoritma dan pemrograman merupakan mata kuliah yang membahas konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman prosedural. Konsep algoritma dan pemrograman tersebut diimplementasikan dalam bahasa pemrograman PYTHON dan akan digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan berdasarkan struktur :
- Runtutan / Sequence
- Pemilihan / Selection
- Pengulangan / repetiton / Loop
Course Information
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
NAMA PERGURUAN TINGGI |
: |
STMIK IKMI CIREBON |
|||||||
NAMA PROGRAM STUDI |
: |
MANAJEMEN INFORMATIKA |
||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||
MATA KULIAH |
Kode MK |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
Semester |
Tgl. Penyusunan |
|||||
Algoritma dan Pemograman Dasar |
|
Algoritma dan Pemograman Dasar |
|
|
|
|||||
OTORISASI |
|
Koordinator RMK |
Ka. Prodi |
|||||||
|
|
|
||||||||
Dita Rizki Amalia, M.Kom |
Dita Rizki Amalia, M.Kom |
Arif Rinaldi Dikananda, M.Kom |
||||||||
Capaian Pembelajaran |
CPL-Prodi |
|
||||||||
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|||||||||
S2 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|||||||||
S3 |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|||||||||
S4 |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
|||||||||
S5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|||||||||
|
S6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
P1 |
Menerapkan konsep-konsep logika matematika untuk mengorganisasikan data guna mendukung pemecahan masalah |
|
P2 |
Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah |
|
P3 |
Menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk dan format yang dimengerti oleh pihak yang berkepentingan |
|
P4 |
Memahami konsep-konsep algoritma dan pemrograman, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. |
|
P5 |
Menerapkan konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. |
|
P6 |
Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. |
|
P7 |
Menerapkan bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk pengolahan data dan informasi. |
|
P8 |
Menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data |
|
P9 |
Merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi |
|
P10 |
Membuat rancangan basis data pada suatu DBMS |
|
P11 |
Menggunakan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi |
|
P12 |
Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi |
|
P13 |
Menerapkan konsep dasar basis data, prinsip pemrograman, dan metode rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan sistem aplikasi |
|
P14 |
Merancang sistem informasi manajemen sesuai dengan prinsip-prinsip user centred design |
|
P15 |
Mengidentifikasi kebutuhan software dari suatu organisasi |
|
P16 |
Merancang topologi dari suatu jaringan komputer |
|
P17 |
Menggunakan dan menformulasikan kebutuhan keamanan sistem informasi manajemen dari suatu organisasi |
|
P18 |
Menerapkan kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem komputer |
|
P19 |
Mengimplementasikan sistem keamanan dan keselamatan pada pengoperasian komputer |
P20 |
Melakukan instalasi untuk koneksi internet |
|
P21 |
Melakukan instalasi jaringan komputer |
|
P22 |
Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya. |
|
P23 |
Menerapkan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi manajemen |
|
P24 |
Menggunakan sistem informasi manajemen untuk kepentingan kompetitif |
|
P25 |
Menggunakan sistem informasi manajemen yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi |
|
P26 |
Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer untuk membantu memecahkan masalah |
|
P27 |
Menerapkan beberapa bahasa pemrograman beserta karakteristiknya |
|
P28 |
Menerapkan sistem informasi manajemen terhadap organisasi, aktivitas bisnis, masyarakat maupun individu |
|
P29 |
Mampu bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. |
|
P30 |
Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika. |
|
P31 |
Menciptakan peluang usaha serta membangun jaringan usaha. |
|
P32 |
Memiliki sikap untuk belajar sepanjang hayat (life-long learning). |
|
KU1 |
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku; |
|
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur; |
|
KU3 |
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; |
|
KU4 |
Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; |
|
KU5 |
Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; |
|
KU6 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
|
KU7 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; dan |
|
KU8 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
KK1 |
Menerapkan Prinsip Perlindungan Informasi |
|
KK2 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi untuk Penggunaan Jaringan Internet |
||
KK3 |
Menerapkan Prinsip Keamanan Informasi pada Transaksi Elektronik |
||
KK4 |
Melaksanakan Kebijakan Keamanan Informasi |
||
KK5 |
Mengaplikasikan Ketentuan/Persyaratan Keamanan Informasi |
||
KK6 |
Mengelola Log |
||
KK7 |
Menerapkan Kontrol Akses Berdasarkan Konsep/Metodologi yang telah Ditetapkan |
||
KK8 |
Menggunakan struktur data |
||
KK9 |
Mengimplementasikan user interface |
||
KK10 |
Melakukan instalasi software tools pemrograman |
||
KK11 |
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
||
KK12 |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
||
KK13 |
Menggunakan library atau komponen pre-existing |
||
KK14 |
Membuat dokumen kode program |
||
KK15 |
Melakukan debugging |
||
KK16 |
Mengumpulkan Data |
||
KK17 |
Menelaah Data |
||
KK18 |
Memvalidasi Data |
||
KK19 |
Menentukan Objek Data |
||
KK20 |
Membersihkan Data |
||
KK21 |
Mengkonstruksi Data |
||
KK22 |
Menentukan Label Data |
||
KK23 |
Mengintegrasikan Data |
||
KK24 |
Membangun Skenario Model |
||
KK25 |
Membangun Model |
||
CP-MK |
|
||
|
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan konsep dan teori dasar matematika yang berkaitan dengan logika |
||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu merancang, membangun dan mengembangkan system dengan tepat sesuai kebutuhan pengguna |
|||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu menguasai algoritma dan kompleksitas yang digunakan untuk pemodelan dan desain sistem berbasis komputer |
|||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan pengetahuan dibidang sistem cerdas untuk menghasilkan solusi yang dapat diterima secara optimal. |
|||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah yang bahas mengenai pemahaman dan penggunaan algoritma yang dijadikan dasar untuk melakukan analisis suatu permasalahan yang berkaitan dengan logika yang diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman. Sebagian besar mata kuliah ini berupa latihan- latihan secara intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam mencari suatu solusi dalam permasalahan logika yang dihadapi yang dituangkan ke dalam algoritma dan diimplementasikan ke dalam suatu Bahasa pemrograman. |
|||
Materi Pembelajaran/ Pokok bahasan |
1 |
Pengantar Komputer dan Pemrograman |
||
2 |
Dasar-dasar Algoritma |
|||
3 |
Struktur Data |
|||
4 |
Kontrol Alur Program |
|||
5 |
Fungsi dan Prosedur |
|||
6 |
Rekursi |
|||
Pustaka |
Utama: |
|
||
1 |
Munir, Rinaldi, Algoritma & Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C Edisi Revisi. Bandung : Informatika, 2012. |
|||
Pendukung: |
|
|||
1 |
Kadir, Abdul. Algoritma & Pemrograman Menggunakan C & C++. Yogjakarta: Andi Publisher. 2012 |
|||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: |
Perangkat Keras: |
||
|
HARDWARE : Laptop, Notebook & LCD Projector |
|||
|
|
|||
Tim Teaching |
Dian Ade Kurnia, M.Kom |
|||
Odi Nurdiawan, M.Kom |
||||
Dita Rizki Amalia, S.Pd., M.Kom |
||||
Karakteristik Pembelajaran |
[1]interaktif, [2]holistik, [3]integratif, [4]saintifik, [5]kontekstual, [6]tematik, [7]efektif, [8]kolaboratif, [9]berpusat pada mahasiswa |
Teknik Penilaian |
1) edukatif, 2) otentik , 3) objektif, 4) akuntabel, 5) transparan |
|
|
Mg Ke |
Sub CP MK (sbg kemampuan akhir |
Indikator |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Bobot Peniilaian (%) |
1 |
menyelesaikan permainan logika sederhana.
mendefinisikan notasi algoritmik.
mendefinisikan pemrograman procedural. |
Penguasaan Materi (capaian dari matakuliah) |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
|
3 |
2 |
memahami struktur dasar algoritma.
memahami notasi algoritmik. |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Struktur dasar algoritma. Notasi algoritma. Konsep Bahasa Pemrograman |
3 |
3 |
3.1 Mampu menyelesaikan |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, |
- Ceramah |
Penyajian Algoritma dengan flowchart dan pseudo code |
3 |
|
pemecahan masalah logika dengan algoritma |
|
Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
|
|
4 |
3.2 Mampu memahami Tipe, Operator, dan Expresi pada algoritma. 3.3 Mampu memahami runtunan pada algoritma. |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Tipe, Operator, dan Expresi pada algoritma. Runtunan pada algoritma. |
3 |
5 |
3.1 Mampu memahami Pemilihan pada algoritma. |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Pemilihan pada algoritma. |
3 |
6 |
5.2 Mampu memahami Percabangan pada algoritma. |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Percabangan pada algoritma. |
7 |
7 |
3.2 Mampu menyelesaikan pemecahan masalah logika dengan algoritma |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Review Pertemuan 1-6 |
3 |
8 |
UTS |
|
|
- Mengerjakan soal UTS |
Gabungan bahan kajian pertemuan 1-7 |
25 |
9 |
1. Mampu memahami |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Perulangan pada algoritma. |
3 |
|
Perulangan pada algoritma. |
|
|
|
|
|
10 |
Mampu memahami fungsi / function pada pemrograman |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Pengantar pemrograman modular Prosedur / procedure Fungsi / function |
3 |
11 |
pada pemrograman |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Fungsi: parameter, kembalian fungsi by value |
3 |
12 |
10. Mampu memahami pengertian dan pemrosesan larik / array |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Array 1 dimensi |
3 |
13 |
11. Mampu memahami pengertian dan pemrosesan larik / array |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Array 2 dimensi dan multi |
3 |
14 |
12. Mampu memahami pengertian dan pemrosesan larik / array |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Array Duplicate |
3 |
15 |
13. Mampu menyelesaikan pemecahan masalah logika dengan algoritma |
Penguasaan Materi |
Keaktifan Mahasiswa, Ketepatan Pengumpulan Tugas, |
|
Review pertemuan 1-15 |
7 |
16 |
UAS |
|
Presentasi Project |
- Project |
|
25 |
Coaches
![RINI ASTUTI , MT](https://smart-elearning.ikmi.ac.id/main/img/icons/128/unknown.png)
RINI ASTUTI , MT
![Ir. BAMBANG SISWOYO, M.SI, M.KOM](https://smart-elearning.ikmi.ac.id/main/img/icons/128/unknown.png)
Ir. BAMBANG SISWOYO, M.SI, M.KOM
![MARTANTO , M.KOM](https://smart-elearning.ikmi.ac.id/main/img/icons/128/unknown.png)
MARTANTO , M.KOM
![DIAN ADE KURNIA](https://smart-elearning.ikmi.ac.id/main/img/icons/128/unknown.png)
DIAN ADE KURNIA
![KHAERUL ANAM, M.KOM](https://smart-elearning.ikmi.ac.id/app/upload/users/1/1902/1902_65406b0c773d2_Khaerul-Anam1.jpg?rand=66a499056cc03)
KHAERUL ANAM, M.KOM